Tim Penanggulanangan Kemiskinan Kelurahan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Ahyani mengatakan, TPKK bertujuan untuk melakukan pendataan warga miskin yang ada di tiap-tiap kelurahan di Kota Bengawan.

"Di tingkat kelurahan, anggota TPKK bisa melakukan update warga miskin setiap saat, sedangkan Pemkot akan menetapkannya setiap enam bulan sekali, guna memaksimalkan penyusunan anggaran penanggulangan kemiskinan," jelas Ahyani, Rabu (3/8/2016).

Ahyani menambahkan, pembaruan data tersebut diperlukan guna menjaga validitas data yang menjadi salah satu landasan program-program pengentasan kemiskinan. Pemkot menganggap, data kemiskinan berpotensi berubah-ubah seiring naik turunnya perekonomian masing-masing warga miskin.

Berdasarkan pendataan terakhir, Ahyani menyebut terdapat sekitar 160.000 warga miskin di Kota Solo. Pendataan terakhir ini akan disinkronisasi dengan hasil pendataan TPKK.

"Verifikasi dan validasi data memang diserahkan anggota tim, karena mereka lebih memahami kondisi di lapangan. Dengan demikian diharapkan pengentasan kemiskinan bisa lebih cepat, efektif dan tepat sasaran," tandas Ahyani. (*)